Arsenal FC

Kamis, 18 April 2013

Sistem Operasi Manajemen Memori



Strategi Alokasi Memori

Untuk mencari lubang kosong yang tepat, yaitu first-fit: pencarian dimulai dari awal dan akan berhenti jika ditemukan lokasi pertama yang cukup besar untuk menempatkan proses tersebut.

1.       Next-fit : sama dengan first-fit hanya saja pencarian tidak dimulai dari awal, namun dari lokasi terakhir kali menemukan segmen yang cocok, dan akan berhenti jika ditemukan lokasi pertama yang cukup besar untuk menempatkan proses tersebut.
2.       Best-fit : pencarian dimulai dari awal dan akan berhenti jika ditemukan lokasi terkecil pertama yang cukup untuk menempatkan proses tersebut.
3.       Worst-fit : pencarian dimulai dari awal, dan akan berhenti jika ditemukan lokasi paling besar yang cukup untuk menempatkan proses tersebut.
4.       Quick-fit : cara ini hanya cocok untuk pencatatan dengan linked list. Algoritma ini dirancang dengan memuati list lubang. Lubang-lubang memori dimuat di list sesuai dengan ukuran terdekatnya.

Sistem Buddy

Sistem buddy merupakan cara mengelola memori utama dengan memanfaatkan kelebihan penggunaan bilangan biner. Jika suatu proses berukuran 35 Kbyte, maka proses tersebut akan di tempatkan pada lubang 64 Kbyte, dan akan menyisakan 29 Kbyte. Hal ini sering disebut dengan istilah internal fragmentation, sebab sisi memori yang terbuang tersebut berasal dari segmen internalnya sendiri. Namun, dengan memakai sistem buddy ini, dealokasi proses dapat dilakukan dengan cepat.


Pengalokasian tak berurutan

Paging

Salah satu cara mengatasi external fragmentation (munculnya lubang-lubang yang tidak cukup besar untuk menampung permintaan dari proses). adalah membentuk teknik pengalokasian non-contigous (tidak berurutan). Paging adalah teknik yang berorientasi hardware untuk mengelola memori fisik. Paging digunakan agar program yang besar dapat berjalan pada komputer yang mempunyai memori fisik yang kecil. Dalam sistem paging, hardware memori virtual membagi alamat logis menjadi dua bagian, yaitu virtual page number atau disebut juga page number dan word offset dalam page. Hardware melakukan pembagian ini dengan menyekat atau memisahkan bit alamat, yaitu bit high order menjadi page number dan bit low order menjadi offset. Unit memori yang menyimpan page disebut page frame ( kerangka frame ), atau kadang disebut block, untuk membedakan mereka dengan page virtual. Untuk sistem yang baru, page mframe mempunyai jangkauan 512 sampai 4096 byte.

Sebagai bagian dari peta page, sistem pengoperasian memelihara atau mengelola page tabel yang menyimpan berbagai bagian informasi mengenai page program. Page tabel terdiri atas sejumlah page tabel entries, dan setiap page tabel entries menyimpan informasi mengenai page tertentu. Virtual page number berfungsi sebagai offset terhadap page table.

Konsep Dasar
Memori fisik dibagi menjadi blok-blok dengan ukuran tertentu disebut frame. Sedangkan memori logika dibagi menjadi blok-blok yang disebut page. Setiap alamat yang diberikan oleh CPU dibagi menjadi 2 bagian, yaitu nomor page (p) dan offset (d).

·         Page number (p) digunakan sebagai indeks ke dalam table page (page table). Page table berisi alamat basis dari setiap page pada memori fisik.
·         Page offset (d) mengkombinasikan alamat basis dengan page offset untuk mendefinisikan alamat memori fisik yang dikirim ke unit memori.

Sistem Paging :





Kerugian dan keuntungan paging
1.       Jika kita membuat ukuran dari masing-masing pages menjadi besar:
·         Keuntungan: akses memori akan relatif lebih cepat.
·         Kerugian: kemungkinan terjadinya fragmentasi internal yang sangat besar.
2.       Jika kita membuat ukuran dari masing-masing pages menjadi kecil:
·         Keuntungan: akses memori akan relatif lebih lambat.
·         Kerugian: kemungkinan terjadinya fragmentasi internal akan menjadi lebih kecil.

Istilah sistem paging
·         Alamat Maya :
alamat yang dihasilkan dengan perhitungan index register, base register, dan segmen register, dll. Ruang alamat yang dibentuk alamat maya disebut ruang alamat maya.
·         Memori management unit (MMU):
Chip atau kumpulan chip yang memetakan alamat maya ke alamat fisik.
·         Alamat Nyata :
Alamat Nyata adalah alamat yang tersedia di memori utama fisik.
·         Page :
Unit terkecil ruang alamat maya. Ruang alamat maya proses merupakan kelipatan page yang berukuran sama


Sumber :
SP HARININGSIH, “Sistem Operasi” Penerbit Graha Ilmu 2003.
BAMBANG HARIYANTO, Ir, “Sistem Operasi”, Penerbit informatika Bandung 1997.
http://blog.student.uny.ac.id/amaliadika/2011/06/03/manajemen-memori/


Untuk informasi lebih lanjut anda dapat melihat url berikut

Tidak ada komentar:

Posting Komentar